Jumat, 30 Agustus 2013

BEBERAPA VERSI MADU ASLI



Di dunia ini tidak ada standar umum keaslian madu, karena lebah mengumpulkan nektar dari tanaman yang berbeda beda. Kendati demikian masyarakat luas selalu mempertanyakan tentang istilah madu asli, tentunya yang dimaksud adalah madu asli yang alami dari lebah madu bukaan?. Namun perlu di ingat lagi bahwa secara bahasa kata asli itu artinya sangat luas yaitu bisa berarti; benar-benar, dalam hal ini mengenai madu asli yang beredar di pasaran, madu asli terbagi menjadi beberapa kategori:


A. MADU ASLI ALAMI
Madu ini benar-benar madu dari lebah yang masih alami tanpa perlakuan apapun oleh manusia. dari warna, aroma,rasa dan sifatnya bervariasi, kandungan kadar airnyapun berbeda, artinya ada yang encer dan ada yang kental. Kwalitasnya sama untuk tujuan konsumsi, tetapi untuk tujuan penyimpanan bertahun tahun sebaiknya dipilih madu yang kental agar tidak mudah fermentasi.

B. MADU ASLI STANDAR
Madu ini benar-benar standar SNI atau standar internasional, madu ini berupa madu lebah yang masih alami, bisa juga madu lebah yang sudah di proses standarisasi oleh perusahaan.

C. MADU ASLI BUATAN
Madu ini benar-benar buatan manusia dengan menggunakan teknologi dan bahan bahan tertentu.

D.MADU ASLI CAMPURAN
Madu ini benar-benar campuran dari di antara ketiga madu diatas atau juga dengan campuran bahan bahan lain.

Madu menjadi palsu apabila salah dalam memberi keterangan pada madu itu sendiri, misalnya: madu A di bilang madu B, madu B di bilang madu C, madu C di bilang madu D atau sebaliknya dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar